E-School merupakan sistem informasi manajemen sekolah berbasis web yang terdiri dari berbagai modul aplikasi terintegrasi yang berfungsi untuk mengelola seluruh kegiatan administrasi dan manajemen akademik dalam sebuah sekolah.
Sistem informasi sekolah ini dapat digunakan dalam jaringan internal sekolah (intranet), dan diintegrasikan dengan jaringan Diknas melalui jalur internet.
FITUR SISTEM
Pada Tahap awal pengembangan Sistem Informasi Sekolah ini akan difokuskan pada Manajemen Data Akademik (Siswa, Guru, Kurikulum, Nilai, Absensi). Selanjutnya dapat dilakukan penambahan fitur lain untuk Manajemen Keuangan, Pelaporan Akreditasi Sekolah, Peralatan, data Perpustakaan, SMS (short message service), dan Alumni
Pada Tahap awal pengembangan Sistem Informasi Sekolah ini akan difokuskan pada Manajemen Data Akademik (Siswa, Guru, Kurikulum, Nilai, Absensi). Selanjutnya dapat dilakukan penambahan fitur lain untuk Manajemen Keuangan, Pelaporan Akreditasi Sekolah, Peralatan, data Perpustakaan, SMS (short message service), dan Alumni
Akademik (modul utama)
Digunakan untuk mengelola data Akademik yang terdiri atas data Siswa, Guru, Kurikulum, Jadwal Pelajaran, Nilai dan Absensi secara online
Digunakan untuk mengelola data Akademik yang terdiri atas data Siswa, Guru, Kurikulum, Jadwal Pelajaran, Nilai dan Absensi secara online
Bagian kurikulum dapat melakukan pengaturan pelajaran, komposisi nilai masing-masing pelajaran, aspek penilaian tiap mata pelajaran, sampai dengan jadwal pelajaran.
Bagian tata usaha mengatur penempatan siswa dalam kelas, wali kelas, dan mengelola data siswa termasuk mutasi dan siswa pindahan.
Data Nilai di-entry oleh masing-masing Guru pelajaran
Laporan Nilai ke orangtua dan raport (sisipan maupun semester) bisa langsung dicetak oleh Wali Kelas
Monitoring dan Statistik Progress pengisian data Nilai dapat dipantau secara Live/online oleh kepala sekolah.
Bagian tata usaha mengatur penempatan siswa dalam kelas, wali kelas, dan mengelola data siswa termasuk mutasi dan siswa pindahan.
Data Nilai di-entry oleh masing-masing Guru pelajaran
Laporan Nilai ke orangtua dan raport (sisipan maupun semester) bisa langsung dicetak oleh Wali Kelas
Monitoring dan Statistik Progress pengisian data Nilai dapat dipantau secara Live/online oleh kepala sekolah.
PSB (penerimaan siswa baru)
Digunakan untuk mengelola pendaftaran Siswa Baru secara Online
Calon Siswa/Orang Tua dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dengan menggunakan komputer yang telah disediakan (pendaftaran secara manual juga bisa dilakukan dan selanjutnya data akan di-entry oleh operator).
Terintegrasi dengan Sistem Informasi Keuangan
Monitoring Data Pendaftar secara Live/online (statistik)
Pengumuman Hasil Seleksi secara online (dapat diakses juga dengan SMS Sekolah)
Terintegrasi dengan Sistem Informasi Keuangan
Monitoring Data Pendaftar secara Live/online (statistik)
Pengumuman Hasil Seleksi secara online (dapat diakses juga dengan SMS Sekolah)
Keuangan
Digunakan untuk mengelola manajemen keuangan sekolah secara online
Pengaturan besar Sumbangan Wajib, Sumbangan Sukarela, SPP, dan berbagai komponen pembayaran uang sekolah, termasuk dispensasi / beasiswa.
Pembayaran berbagai uang sekolah sekaligus cetak tanda terima pembayaran.
Terintegrasi dengan data siswa.
Monitoring Data Pendaftar secara Live/online (statistik)
Digunakan untuk mengelola manajemen keuangan sekolah secara online
Pengaturan besar Sumbangan Wajib, Sumbangan Sukarela, SPP, dan berbagai komponen pembayaran uang sekolah, termasuk dispensasi / beasiswa.
Pembayaran berbagai uang sekolah sekaligus cetak tanda terima pembayaran.
Terintegrasi dengan data siswa.
Monitoring Data Pendaftar secara Live/online (statistik)
Akreditasi (pelaporan)
Digunakan untuk mengelola berbagai data untuk menghasilkan informasi online yang digunakan dalam pelaporan / akreditasi. Operator dapat mengakses berbagai data yang diperlukan untuk menghasilkan berbagai informasi dan statistik.
Digunakan untuk mengelola berbagai data untuk menghasilkan informasi online yang digunakan dalam pelaporan / akreditasi. Operator dapat mengakses berbagai data yang diperlukan untuk menghasilkan berbagai informasi dan statistik.
SMS
Merupakan layanan SMS informasi akademik. Layanan ini dapat diintegrasikan dengan sistem infomasi Akademik yang telah dimiliki oleh pihak Sekolah. Layanan meliputi informasi nilai (PR, PS, Formatif, sumatif dan raport), informasi Kehadiran siswa, Informasi PMB dan lain sebagainya.
Merupakan layanan SMS informasi akademik. Layanan ini dapat diintegrasikan dengan sistem infomasi Akademik yang telah dimiliki oleh pihak Sekolah. Layanan meliputi informasi nilai (PR, PS, Formatif, sumatif dan raport), informasi Kehadiran siswa, Informasi PMB dan lain sebagainya.
Infrastruktur yang dibutuhkan Sekolah:
1.Komputer Server
2.Jaringan Lokal (Local Area Network – LAN) + Hotspot (wireless Access Point)
3.Koneksi Speedy untuk sinkronisasi data ke server Diknas
4.Komputer klien yang telah terhubung ke LAN, komputer ini digunakan Guru dan Staf Administrasi Sekolah untuk mengakses, men-entry dan meng-update data. Pada komputer klien hanya dibutuhkan software Internet Browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
2.Jaringan Lokal (Local Area Network – LAN) + Hotspot (wireless Access Point)
3.Koneksi Speedy untuk sinkronisasi data ke server Diknas
4.Komputer klien yang telah terhubung ke LAN, komputer ini digunakan Guru dan Staf Administrasi Sekolah untuk mengakses, men-entry dan meng-update data. Pada komputer klien hanya dibutuhkan software Internet Browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
Infrastruktur yang dibutuhkan Diknas:
1.Komputer Server
2.Koneksi Internet
3.Jaringan Lokal (Local Area Network – LAN) + Hotspot (wireless Access Point)
4.SMS Center
5.Komputer klien yang telah terhubung ke LAN, komputer ini digunakan Pejabat dan Staf Administrasi Diknas untuk mengakses, memonitor dan mengevaluasi data sekolah. Pada komputer klien hanya dibutuhkan software Internet Browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
2.Koneksi Internet
3.Jaringan Lokal (Local Area Network – LAN) + Hotspot (wireless Access Point)
4.SMS Center
5.Komputer klien yang telah terhubung ke LAN, komputer ini digunakan Pejabat dan Staf Administrasi Diknas untuk mengakses, memonitor dan mengevaluasi data sekolah. Pada komputer klien hanya dibutuhkan software Internet Browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
KEUNGGULAN KOMPETITIFBerbagai macam keunggulan yang dimiliki E-School sebagai sistem informasi manajemen sekolahterintegrasi adalah sebagai berikut:
Web Based
Sistem berbasis web sehingga dapat digunakan dalam berbagai platform sistem operasi. Hal ini akan memberkan fleksibilitas penggunaan serta kemudahan implementasi.
Sistem berbasis web sehingga dapat digunakan dalam berbagai platform sistem operasi. Hal ini akan memberkan fleksibilitas penggunaan serta kemudahan implementasi.
Customizable
Sistem dapat dikembangkan secara spesifik untuk diimplementasikan sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan setiap sekolah.
Sistem dapat dikembangkan secara spesifik untuk diimplementasikan sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan setiap sekolah.
Total School Management
Sistem mendukung seluruh fungsi administrasi dan manajemen akademik sekolah.
Sistem mendukung seluruh fungsi administrasi dan manajemen akademik sekolah.
Integrated Modul Applications
Sistem dikembangkan secara modular sesuai dengan ragam fungsionalitas yang ada di sekolah, sehingga implementasi dan operasional sistem dapat berjalan dengan efektif tanpa mengabaikan aspek integrasi data.
Sistem dikembangkan secara modular sesuai dengan ragam fungsionalitas yang ada di sekolah, sehingga implementasi dan operasional sistem dapat berjalan dengan efektif tanpa mengabaikan aspek integrasi data.
Realtime – Online Transaction Support
Sistem mendukung berbagai proses transaksi secara online, diantaranya info akademik online, registrasi online, KRS online, online messaging.
Sistem mendukung berbagai proses transaksi secara online, diantaranya info akademik online, registrasi online, KRS online, online messaging.
Anywhere, anytime acces With Advanced Technology Support
Sistem didukung berbagai teknologi terkini untuk memberikan kemudahan akses melalui berbagai media yaitu intranet/internet, SMS, GPRS, dan IVRs (interactive voice responses), sehingga akses dari manapun dan kapanpun benar-benar dapat dilakukan.
Sistem didukung berbagai teknologi terkini untuk memberikan kemudahan akses melalui berbagai media yaitu intranet/internet, SMS, GPRS, dan IVRs (interactive voice responses), sehingga akses dari manapun dan kapanpun benar-benar dapat dilakukan.
Laporan Standart DIKNAS
Sistem memiliki fungsi pelaporan yang lengkap dan handal sesuai dengan standart DINAS. Hal ini akan sangat membantu eksekutif dalam menyusun/membuat kebijakan.
Sistem memiliki fungsi pelaporan yang lengkap dan handal sesuai dengan standart DINAS. Hal ini akan sangat membantu eksekutif dalam menyusun/membuat kebijakan.
Kemudahan Administrasi Sistem
Sistem memiliki Modul Administrasi dan konfigurasi yang mudah dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pengontrolan.
Sistem memiliki Modul Administrasi dan konfigurasi yang mudah dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pengontrolan.
Keamanan Sistem
Sistem dikembangkan dengan beberapa lapis model keamanan, mulai dari keamanan sistem server hingga level akses user (menggunakan username dan password) sehingga keamanan sistem lebih terjamin.
Sistem dikembangkan dengan beberapa lapis model keamanan, mulai dari keamanan sistem server hingga level akses user (menggunakan username dan password) sehingga keamanan sistem lebih terjamin.
Standart Industri
Sistem dikembangkan secara komprehensif sesuai dengan standart industri dengan memanfaatkan kepakaran, pengalaman, dan contoh keberhasilan, serta ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkualitas.
Sistem dikembangkan secara komprehensif sesuai dengan standart industri dengan memanfaatkan kepakaran, pengalaman, dan contoh keberhasilan, serta ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkualitas.
PURNA JUALDukungan layanan purna jual yang prima, meliputi: dokumentasi sistem, perbaikan bug (bugfixing) dan pelatihan.
Purna Jual
Untuk menjamin reliabilitas penggunaan Eschool di setiap sekolah, perlu adanya layanan purna jual yang komprehensif. Layanan purna jual yang diberikan meliputi:
Untuk menjamin reliabilitas penggunaan Eschool di setiap sekolah, perlu adanya layanan purna jual yang komprehensif. Layanan purna jual yang diberikan meliputi:
Dokumentasi Sistem
Pasca penyelesaian pekerjaan akan diberikan beberapa dokumentasi sistem berupa :
1 (satu) compact disc berisi program aplikasi ESchool dan panduan penggunaan aplikasi.
laporan akhir pelaksanaan pekerjaan (memuat kompilasi semua berkas proyek yang telah terjadi).
berita acara serah terima pekerjaan.
Pelatihan User
pelatihan user dilakukan sebagai bagian dari pengembangan sistem untuk menjamin keberhasilan implementasi.
Garansi Pemeliharaan
Layanan pemeliharaan sistem selama 6 (enam) bulan; meliputi bug fixing dan penanganan keluhan dalam bentuk tertulis, tidak termasuk penambahan fitur.
Pasca penyelesaian pekerjaan akan diberikan beberapa dokumentasi sistem berupa :
1 (satu) compact disc berisi program aplikasi ESchool dan panduan penggunaan aplikasi.
laporan akhir pelaksanaan pekerjaan (memuat kompilasi semua berkas proyek yang telah terjadi).
berita acara serah terima pekerjaan.
Pelatihan User
pelatihan user dilakukan sebagai bagian dari pengembangan sistem untuk menjamin keberhasilan implementasi.
Garansi Pemeliharaan
Layanan pemeliharaan sistem selama 6 (enam) bulan; meliputi bug fixing dan penanganan keluhan dalam bentuk tertulis, tidak termasuk penambahan fitur.
Kerjasama Pendampingan
1.Model Kerjasama
Implementasi ESchool terdiri dari dua model kontrak kerjasama selama jangka waktu tertentu (lebih dari satu tahun) sebagai berikut :
Implementasi ESchool terdiri dari dua model kontrak kerjasama selama jangka waktu tertentu (lebih dari satu tahun) sebagai berikut :
a)Paket Sistem Informasi (Software Package)
Pengembangan dan pemeliharaan seluruh sistem informasi yang dibutuhkan oleh suatu institusi pendidikan. Lengkap dan terintegrasi. tidak termasuk pengembangan infrastruktur dan entry data.
Pengembangan dan pemeliharaan seluruh sistem informasi yang dibutuhkan oleh suatu institusi pendidikan. Lengkap dan terintegrasi. tidak termasuk pengembangan infrastruktur dan entry data.
Software Package meliputi:
Konsultasi TI dan penyusunan rencana pengembangan SI
Inisiasi berbagai kerjasama dibidang TI
Pengembangan berbagai software yang dibutuhkan.
Pemeliharaan, updating dan bugfixing software.
Pelatihan bagi pengelola sistem.
Konsultasi TI dan penyusunan rencana pengembangan SI
Inisiasi berbagai kerjasama dibidang TI
Pengembangan berbagai software yang dibutuhkan.
Pemeliharaan, updating dan bugfixing software.
Pelatihan bagi pengelola sistem.
b)Paket Sistem Informasi dan Infrastruktur (Full Package)
Pengembangan dan pemeliharaan seluruh sistem informasi yang dibutuhkan dan pengadaan serta implementasi infrastruktur yang dibutuhkan.
Pengembangan dan pemeliharaan seluruh sistem informasi yang dibutuhkan dan pengadaan serta implementasi infrastruktur yang dibutuhkan.
Full Package meliputi :
Software package, dan
Entry dan pengolahan data awal
pengadaan, implementasi dan perawatan hardware dan infrastruktur
Internet untuk server utama
Software package, dan
Entry dan pengolahan data awal
pengadaan, implementasi dan perawatan hardware dan infrastruktur
Internet untuk server utama
Hal-hal yang tidak termasuk dalam kerjasama pendampingan adalah :
peralatan dan software untuk laboratorium komputer dan kebutuhan spesifik pengajaran.
peralatan dan software untuk laboratorium komputer dan kebutuhan spesifik pengajaran.
2.Cakupan Aktifitas
Bagi sekolah:
Menyediakan biaya pengembangan dan pemeliharaan bulanan selama periode kontrak sesuai konsep pembiayaan yang diusulkan.
Mengarahkan dan menyetujui rencana kerja tahunan pengembangan SI sesuai visi sekolah.
Membantu pelaksanaan implementasi sistem dengan kebijakan / manajemen yang mendukung
Mengajukan dan mengkonsultasikan rencana-rencana pengembangan sistem yang bersifat mendadak/unplanned.
Menanggung biaya-biaya yang tida dicakup dalam lingkungan kerjasama, seperti pengadaan hardware, internet, entry data, sosialisasi dan lain-lain.
Mengkoordinasikan rencana pengembangan dengan unit-unit terkait lainnya, seperti Diknas, dan unit kerja lain.
Menyediakan biaya pengembangan dan pemeliharaan bulanan selama periode kontrak sesuai konsep pembiayaan yang diusulkan.
Mengarahkan dan menyetujui rencana kerja tahunan pengembangan SI sesuai visi sekolah.
Membantu pelaksanaan implementasi sistem dengan kebijakan / manajemen yang mendukung
Mengajukan dan mengkonsultasikan rencana-rencana pengembangan sistem yang bersifat mendadak/unplanned.
Menanggung biaya-biaya yang tida dicakup dalam lingkungan kerjasama, seperti pengadaan hardware, internet, entry data, sosialisasi dan lain-lain.
Mengkoordinasikan rencana pengembangan dengan unit-unit terkait lainnya, seperti Diknas, dan unit kerja lain.
Bagi Pengembang :
Menyusun rencana pengembangan Sistem Informasi tahunan.
Mengakomodasi kebutuhan yang bersifat ad-hoc/mendadak dari sekolah. Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan prioritas dan beban kerja.
Mengembangkan aplikasi dan sistem informasi yang dibutuhkan sesuai dengan rencana tahunan atau sesuai dengan kebutuhan mendadak/adhoc.
Memperbaiki/memelihara aplikasi dan sitem yang telah jalan.
Melakukan hal-hal teknis sebagaimana termuat dalam lingkup kerjasama.
Membuat laporan evaluasi pekerjaan tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban.
3.Manfaat PendampinganMenyusun rencana pengembangan Sistem Informasi tahunan.
Mengakomodasi kebutuhan yang bersifat ad-hoc/mendadak dari sekolah. Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan prioritas dan beban kerja.
Mengembangkan aplikasi dan sistem informasi yang dibutuhkan sesuai dengan rencana tahunan atau sesuai dengan kebutuhan mendadak/adhoc.
Memperbaiki/memelihara aplikasi dan sitem yang telah jalan.
Melakukan hal-hal teknis sebagaimana termuat dalam lingkup kerjasama.
Membuat laporan evaluasi pekerjaan tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban.
Lebih terencana & Terintegrasi
Terdapat rencana pengembangan dan pemeliharaan tahunan.
Perencanaan dibuat dengan memperhatikan kondisi riil operasional dan harapan level eksekutif.
Terjaminnya integrasi dari berbagai sistem yang dikembangkan dan sesuai dengan strategi sentralisasi data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar