Minggu, 14 November 2010

Bahaya & kebaikan memakai softlens

Bagi yang pertama kali memakai lensa kontak (soft lens), kadang mata seperti belekan (ada kotoran), apalagi kalo didepan komputer terlalu lama. Penglihatan lama kelamaan akan menjadi kabur.

Hal ini dikarenakan, pada umumnya lensa kontak dibuat dari bahan plastik yang mengandung air. Bila dipakai lama kelamaan kandungan airnya akan berkurang, sehingga akhirnya akan menyerap air dari permukaan mata. Inilah yang menyebabkan mata terasa kering dan pedas. Hal ini akan terjadi lebih cepat bilamana berada di tempat yang panas, naik motor, kena asap rokok atau tempat ber-AC (misalnya mall).
Oleh karena itu, secara berkala mata perlu untuk ditetesi cairan tetes mata. Lensa kontak juga perlu dicopot dan direndam untuk membersihkan kotoran yang menempel.
Softlens juga mempunyai kualitas, ketebalan dan komposisi bahan yang berbeda-beda, yang mungkin saja tidak cocok dengan mata. Juga perlu dipertimbangkan pula untuk mata tipe mudah iritasi, sebaiknya jangan lama-lama memakai lensa kontak. Disarankan, untuk kerja mata yang berat (semisal mengetik dengan komputer) pergunakan saja kacamata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar